THANK YOU FOR VISIT MY BLOG

Saturday, April 4, 2009

Universitas Halmahera

Pulau Halmahera saat ini sudah memiliki Universitas sendiri. Universitas Halmahera (disingkat : UNIERA) adalah buah rahim dari pergumulan panjang GMIH untuk menghadirkan sebuah lembaga pendidikan yang dapat menjawab kebutuhan akan sumberdaya manusia di bumi halmahera. Konon sejarahnya, sejak tahun 1992, sidang sinode GMIH di Daruba, Morotai, pemikiran untuk mendirikan universitas di halmahera sudah dicanangkan melalui keputusan sidang sinode tersebut. cikal bakalnya adalah Sekolah Tinggi Teologia (STT) GMIH yang dikelola Yayasan Perguruan Tinggi GMIH. Namun karena tidak ditunjang dengan aksi nyata, keputusan tersebut lambat laun padam perlahan..

Tahun 2006, api perjuangan yang mulai padam ini mulai dihidupkan kembali oleh beberapa orang yang peduli akan perkembangan pendidikan di halmahera. Drs. Esra Anu, saat itu menjabat Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Utara, ditunjuk sebagai Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Halmahera (YPTKH), dengan misi mewujudkan keputusan sidang sinode 1992. Tahun itu juga dibentuklah tim pengembangan STT GMIH menjadi Universitas Halmahera, yang dikomandani oleh Pdt. Dr. Julianus Mojau (pendeta GMIH yang lama mengabdi di STT INTIM Makassar). Perjuangan pun dimulai dan dengan susah payah-banting tulang - suka dan duka - caci dan maki - selalu mengiringi pekerjaan tim pengembangan. Saya sempat terlibat dalam tim (hanya sekedar membantu) untuk menyusun studi kelayakan yang akan di usulkan ke Ditjen Dikti di Jakarta. Sebenarnya StuKel tersebut sudah dibuat oleh beberapa orang tim, namun semuanya tidak sesuai format dan akhirnya disusun ulang oleh beberapa orang lagi (Pdt. S. Kaomaneng, Pdt. Ebin Danius, Nus Simange, dan saya). Panjang jika diceritakan, dan banyak sekali pihak yang terlibat dalam proses ini, baik secara langsung, maupun dibalik layar.

Akhirnya perjuangan panjang itu membuahkan hasil setelah Menteri Pendidikan Nasional mengeluarkan SK no. 200/D/O/2008 tentang pembukaan 10 program studi baru dan perubahan status STT GMIH menjadi Universitas Halmahera. Secara resmi, Dirjen Dikti, yang diwakili Koordinator Kopertis XII, meresmikan UNIERA pada tanggal 11 Oktober 2008.
Saat ini uniera memiliki kurang lebih 700 mahasiswa.

No comments: