THANK YOU FOR VISIT MY BLOG

Thursday, February 28, 2008

PERTEMUAN SEGITIGA PT. NHM – DPRD HALUT – MASYARAKAT ADAT LINGKAR TAMBANG

Tobelo, 26/2/08.

Menindaklanjuti hasil kesepakatan awal PT. NHM dengan masyarakat adal lingkar tambang, Selasa 26/2 kemarin DPRD Kab. Halut memfasilitasi pertemuan keduanya bertempat di ruang sidang DPRD Halut.

Namun pertemuan tersebut tidak menghasilkan kata sepakat, malah semakin memanaskan suasana. Belum lagi sekelompok massa yang menyebut dirinya Aliansi Peduli Masyarakat Adat Kao (APMAK) melakukan aksi tandingan di luar sekretariat DPRD. Untungnya kepolisian sigap mengatasi keadaan yang sempat memanas dengan memisahkan kedua massa tersebut.

Di dalam ruang sidang, terjadi aksi pemukulan oleh seorang anggota masyarakat lingkar tambang kepada seorang staf PT. NHM, Cornelius (juga pengelola CSR), yang disinyalir menjadi otak dan penyandang dana dari aksi APMAK tersebut.

Masyarakat adat lingkar tambang menilai PT. NHM tidak menghormati keberadaan adat setempat, seperti yang dilakukan PT. Freeport. Belum lagi pengelolaan Comdev yang tidak transparan.

Kini diharapkan Pemerintah Daerah berani mengambil sikap. Jika ditemukan fakta bahwa kehadiran PT. NHM hanya memberikan keuntungan bagi segelintir orang saja dan tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi daerah, maka kita harus berani memboikot mereka.

No comments: