THANK YOU FOR VISIT MY BLOG

Monday, April 9, 2007

Tobelo Marahai



Kota Tobelo mulai berbenah... dari sebuah kota kecamatan, sekarang Ibukota Kabupaten Halmahera Utara. Tobelo Marahai (indah), sebutan yang manis jika dipandang dari jauh. namun memasuki kota Tobelo, masih jauh dari "Marahai". Penataan kota masih semrawut.. beberapa sudut kota belum "Marahai".


Pembangunan Rumah Adat Hibua Lamo di Lapangan Hibualamo (dulu Lap. Ampera), tepat di depan Kantor Bupati saat ini menambah manis wajah kota Tobelo Marahai. Rumah Adat "Modern" ini rencananya akan diresmikan oleh Bupati Ir. Hein Namotemo, MSP pada 19 April 2007 nanti. kondisi pembangunan sampai saat ini mencapai 90%. Rumah Adat ini akan menjadi icon baru masyarakat Halmahera Utara dengan adat Hibua Lamo-nya.

Bagaimana dengan saudara-saudara kita, Hobata samua di seluruh dunia...kalau ada waktu datang ke Tobelo Marahai, kita rayakan peresmian rumah adat Hibua Lamo sebagai batu loncatan untuk tetap memelihara adat dan budaya kita. Mungkin suatu saat ceremony ini akan menjadi agenda tetap setiap tahun (seperti Legu Gam - perayaan ultah sultan Ternate) yang dapat menarik wisatawan ke tanah Hibua Lamo.





4 comments:

merapi said...

mau tanya boss
ditobelo ada yang jual atau rental motor bekas enggak dorang mau pigi ke akolemo deng belanja di tobelo ngana bantu kita jo
kasi info ya

BaTa said...

Tobelo hiberera
toniki minga duru
ngona ngohi hila mokie
ngohi doto kolodadi nyawa
ngari ngohi oberera
mahomuaka taika
ngonaduru tonikiminga.

Lau "TOBELO HIBERERA" diajarkan oleh guru aku di sd Naskat gura belakang. nama gurunya A.Ngamel, lapangan hibualamo yang dulunya adalah lapangan ampera adalah tempat main aku. panggung Hibualamo yang sekrang jadi rumah adat dulu tempat duduk aku pas tungguin giliran main bola. tempo apa lai mo main disitu me skarang tara pernah pi sana lai.

Anonymous said...

duh tobelo kapan kita pi di situ lg....kita kangen skali.........i loive u kota kelahiran aq...sd gamsungi,,,hibualamo...tgg kt jd orang dl...eeee

Anonymous said...

salut buat usahanya, kawan..