THANK YOU FOR VISIT MY BLOG

Friday, April 13, 2007

Jumat Pagi, Jalan Pagi, Senam Pagi

Pemda Halmahera Utara mencanangkan setiap Jumat Pagi dilaksanakan kegiatan Jalan Pagi yang diikuti dengan Senam Pagi bersama yang dipusatkan di Lapangan Hibualamo Tobelo. Sejatinya, kegiatan ini adalah untuk seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di Tobelo, namun saat ini himbauan untuk mengikuti kegiatan ini masih sebatas Dinas/Badan dan stekholder di lingkungan Pemda.

Masyarakat lebih memilih Minggu pagi untuk melaksanakan olahraga pagi (mungkin mereka punya alasan sendiri memilih hari minggu). Contoh Kasus di Makassar, setiap minggu pagi kawasan jalan utama di Pantai Losari ditutup bagi kendaraan, karena menjadi pusat kegiatan masyarakat yang berolahraga. Pemda memfasilitasi dengan sarana dan prasarana. Senam Pagi Massal menjadi Agenda Tetap, banyak makanan-minuman untuk sarapan yang dijajakan dengan harga super murah, pemandangan indah pantai losari menyegarkan hati, banyak event yang dilaksanakan oleh stekholder sebagai sarana promosi disana.

Kerinduan saya, suasana minggu pagi di Pantai Losari yang selalu saya nikmati selama 6 tahun di Makassar dapat saya rasakan kembali di Tobelo Marahai....

Lapangan Hibualamo dapat dijadikan Icon baru masyarakat Halut, sehingga minggu pagi, semua masyarakat yang berolahraga menuju ke satu titik, Hibualamo. Di tempat ini disajikan jajanan sehat yang murah meriah, senam pagi bersama, event-event, dll. Pastinya suasana Tobelo semakin hidup. Tidak hanya Senam pagi "Khusus PNS" setiap jumat pagi, tetapi untuk seluruh Masyarakat.

Kalau dirasa bahwa Lapangan Hibualamo tidak representatif - adanya Rumah Adat Hibualamo, sehingga tidak dapat menampung masyarakat banyak - maka perlu dipikirkan solusi lain, misalnya pembuatan Jalan yang langsung menghadap laut (ditepi pantai), yang menurut saya merupakan salah satu identitas Kota Pantai.

To be continued....

No comments: